Organisasi

Posted: 09/10/2011 in teori organisasi umum

Pengertian Organisasi

          Terdapat beberapa teori tentang pengertian dari organisasi, ada yang cocok antara satu pendapat dengan pendapat yang lain dan tidak sedikit yang tidak cocok. Namun pada dasarnya sebuah organisasi digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.

          Ada beberapa pendapat dari para ahli tentang pengertian dari organisasi, diantaranya adalah :

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

          Dari pendapat-pendapat para ahli di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa organisasi didirikan untuk mencapai suatu tujuan bersama/tujuan yang sama para anggota organisasi tersebut.Organisasi dapat terbentuk karena adanya beberapa aspek seperti adanya kesamaan visi dan misi serta tujuan yang sama antara semua anggota kelompoknya. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti  pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

          Semua orang yang menjadi anggota kelompok dari suatu organisasi akan memiliki suatu keterkaitan yang terus menerus, tetapi bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.

Organisasi Yang Saya Ikuti

          Kalau untuk masalah organisasi, jujur saya lebih suka mengikuti organisasi yang lebih berhubungan dengan olahraga di banding dengan organisasi yang berhubungan dengan politik. Seperti sekarang ini saya mengikuti organisasi futsal/ukm futsal di gunadarma. Awalnya saya masuk ukm ini hanya karena di ajak oleh teman saya yang lebih dahulu masuk di ukm ini, namun karena saya juga tertarik akhirnya saya pun ikut.

           Bukan hanya futsal, saat SMP juga saya pernah mengikuti organisasi olahraga beladiri karate di daerah saya tinggal. Sudah cukup lama saya mengikuti organisasi ini sampai ikut di beberapa kejuaraan di luar kota. Dan saat saya SMK saya juga pernah masuk ke dalam organisasi musik yang ada di sekolah saya. Dan di sekolah dasar pun saya pernah ikut PRAMUKA untuk mewakili sekolah saya mengikuti perlombaan antar SD se-Bekasi.

          Alasan saya mengapa saya mengikuti organisasi organisasi tersebut hampir semuanya sama yaitu selain hobby, saya juga ingin menambah teman yang memiliki hobby yang sama dengan saya. Dan untuk pengaruh terhadap kehidupan saya adalah seperti yang tadi saya telah sebutkan tujuan saya mengikuti organisasi tersebut yaitu untuk menambah teman saya, dan ternyata setelah saya mengikuti organisasi tersebut saya memiliki banyak teman dari yang sebaya dengan saya, lebih muda dan lebih banyak lagi yang usianya jauh di atas usia saya. Manfaat nya saya lebih mudah mencari teman untuk sharing sesuatu, baik itu masalah ataupun hal lain yang saya ingin cari tahu.

Referensi :
-) Pengertian organisasi : http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s