MEMBUAT GARIS VERTIKAL , HORIZONTAL DAN DIAGONAL DENGAN OPEN GL

Posted: 29/10/2012 in Uncategorized

Disini saya akan menjelaskan tentang tugas yang diberikan oleh dosen pembimbing pada mata kuliah “Grafik Komputer & olah Citra” yaitu tentang pembuatan garis vertikal, horizontal dan juga diagonal dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C++ yang dipadukan dengan library khas dari OpenGL yaitu Glut.h.

Disini saya akan menjelaskan tentang tugas yang diberikan oleh dosen pembimbing pada mata kuliah “Grafik Komputer & olah Citra” yaitu tentang pembuatan garis vertikal, horizontal dan juga diagonal dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C++ yang dipadukan dengan library khas dari OpenGL yaitu Glut.h.

Pembuatan Garis Vertikal

Pertama kali kita akan membuat garis vertikal dengan C++ dan library OpenGL, pertama pada saat kita membuat project OpenGL kita akan disuguhkan dengan coding asli dari library tersebut dan perlu diperhatikan disini terdapat lokasi untuk pembuatan coding perhatikan pada coding berikut “/*OpenGL animation code goes here*/”, itu adalah komentar untuk pembuatan coding animasi dengan menggunakan C++ dan disitulah kita mulai memasukkan coding dan inilah isi source tersebut..

Gambar

Logika: pada pembuatan garis baik dari vertikal, horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi pemahaman tentang garis pada line di coding bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal.

 

Pembuatan Garis Horizontal
 sama seperti sebelumnya yang kita perlukan disini hanya pemasukkan untuk coding dan juga pemahaman tentang koordinat, dan disini kita membuat coding untuk garis horizontal, codingnya adalah sebagai berikut:

Gambar

Logika: pada pembuatan garis horizontal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Horizontal.

Pembuatan Garis Diagonal
ini yang terakhir, kita akan membuat garis horizontal dan inilah source code nya..

Gambar

Logika: pada pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis diagonal.

Sekian penjelasan tugas “grafik komputer & Olah Citra” tentang Pembuatan garis dengan OpenGL, Semoga Bermanfaat..!!!

NAMA                                    : EKO KURNIAWAN

NPM                                       : 12110314

KELAS                                   : 3KA25

MATA KULIAH                 : GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s