JANGAN MENYESAL, TAPI BUKTIKAN !

Posted: 09/01/2013 in Uncategorized

Pada tulisan kali ini saya ingin menuliskan tentang hal yang sering kali dan mungkin paling banyak di rasakan atau di alami oleh mahasiswa. Masalah tersebut adalah tentang jurusan kuliah yang diambilnya. Banyak sekali mahasiswa yang merasa bahwa dia salah jurusan saat masuk kuliah, dengan alasan karena awalnya di suruh orang tua atau di ajak teman. Awalnya saya juga merasa hal tersebut, tetapi tidak ada gunanya untuk menyesali hal tersebut. Kemarin setelah di beri masukkan dari dosen salah satu mata kuliah di kelas saya, beliau bilang bahwa awalnya dia juga merasakan hal yang sama bahkan sampei ingin menyerah. Tetapi tidak ada gunanya, kita semua memang belajar dari 0, jika merasa tidak bisa itu adalah salah satu hal yang wajar. Sekarang bukan saatnya untuk merasakan hal tersebut, tetapi kita harus mempertanggung jawabkan atas apa yang telah kita putuskan dari awal, tanggung jawab terhadap orang tua kita adalah hal utama yang sangat harus di pertimbangkan.

Hari ini saya habis mengikuti seminar di kampus D margonda tentang security networking. Dan isi seminar tersebut banyak menerangkan tentang dasar-dasar jaringan komputer. Alhamdulillah saya cukup mengerti tentang materi seminar tersebut karena saat saya sekolah smk telah mendapatkan ilmu tentang jaringan komputer. Pada awalnya saya masuk sekolah smk jurusan komputer dan jaringan pun karena di suruh orang tua saya dengan alasan agar mengerti tentang komputer. Dan ternyata memang ilmu tersebut sangat bermanfaat di kuliah saya saat ini, walaupun sekarang di kuliah saya banyak bermain di software tetapi setidaknya saya sudah cukup sedikit paham untuk jurusan komputer ini. Awalnya saya masuk kuliah jurusan Sistem Informasi pun karena di suruh oleh ibu saya. Karena menurutnya sekolah saya waktu smk mengambil jurusan tentang komputer, maka saat kuliah pun lebih baik saya mengambil fakultas komputer.

Pernah beberapa waktu yang lalu saya merasa sangat salah saat mengambil jurusan ini, tetapi memang ternyata ilmunya pun masih berkaitan dengan sekolah smk saya, kalau saya merasa salah jurusan berarti bukan saat ini saja yang salah tetapi dari saat memilih untuk masuk ke smk komputer. Jadi untuk adik-adik yang mungkin masih sekolah di tingkat pertama atau SMP, ada baiknya memikirkan juga akan masuk jurusan manakan kita saat kuliah nanti. Dengan memikirkan hal tersebut kita dapat memilih sekolah menengah atas yang tepat untuk melanjutkan ke tingkat tinggi kelak.

Saran saya untuk kita semua mahasiswa yang mungkin saat ini masih merasakan hal tersebut, ayolah teman sekarang bukan saatnya untuk merasakan penyesalan. Tetapi sekarang waktunya untuk bertanggung jawab terhadap orang tua yang telah membiayai kita kuliah dan tanggung jawab terhadap diri kita sendiri. Kita semua sama, masuk kuliah dari nol dan sama sama belum memahami tentang apa yang ada di jurusan kita. Buktikan bahwa diri kita itu bisa, ingat kita bisa karena kita mau dan usaha.

Tinggalkan Balasan

