Pemanfaatan TI didalam dunia Bisnis

Posted: 18/05/2014 in Etika dan Profesionalisme TSI

Bagi dunia bisnis, jejaring telekomunikasi awalnya digunakan seperti halnya jejaring listrik, distribusi air, dan jejaring utilitas lain. Ini merupakan sumber yang penting, tetapi dulu perusahaan memiliki pengaruh yang kecil. Perusahaan-perusahaan memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan layanan yang dikelola secara monopoli. Hari ini, para pengguna korporat meletakkan bersama keseluruhan jejaring di bawah kontrol mereka, memotong-pintas jejaring publik sebagian atau seenuhnya. Deregulation dan teknologi digital baru telah mengizinkan perusahaan untuk secara sadar merancang dan mengoperasikan jejaring telekomunikasi internal dan privat untuk meningkatkan posisi kompetitif mereka. Apa yang dulunya merupakan biaya untuk menjalankan bisnis, sekarang menjadi sumber keuntungan kompetitif.

Layanan TIK sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik, mulai dari pertambangan dan pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan kepariwisataan. Jejaring privat ini hadir di semua industri global, di mana perusahaan multinasional menjadi perusahaan jejaring. Para pengguna bisnis berskala besar memiliki kebutuhan akan sistem yang cost-effective, leluasa, aman, automated, terpadu dan terandalkan. Jika para penyedia layanan lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal, perusahaan-perusahaan besar memiliki pilihan untuk mengembangkan sendiri jejaring privat.

Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan disain manufaktur.

Perusahaan-perusahaan kecil lebih terbatas kemampuannya untuk mengembangkan jejaring TIK sendiri ataupun untuk menyewa, karena besarnya biaya. Ini menjadi pilihan yang ekonomik hanya jika organisasi tersebut cukup besar untuk menimbulkan cukup trafik untuk menghasilkan penghematan. Oleh karena ini, perusahaan-perusahaan global merupakan pihak-pihak yang pertama yang mengadopsi TIK baru. Sektor-sektor yang sangat bergantung pada TIK mencakup, antara lain perusahaan-perusahaan layanan finansial.

Pada ruang lingkup yang lebih luas, sebagai contoh pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada. Departemen TI pada sebuah perusahaan mulai dibangun dan secara konstan diminta untuk mengembangkan suatu layanan, mengembangkan suatu sistem, dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi.

Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

 

Contoh Bisnis yang menggunakan atau memanfaatkan kemajuan TI :

  • Teknologi Informasi di Perusahaan Jasa Travel Agent dan Pariwisata

Jarak tidak menjadi masalah lagi dengan adanya teknologi informasi, dengan teknologi informasi kemudahan dan kecepatan untuk mengakses informasi dapat diatasi. Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi bagi travel agent dan pariwisata mampu memberikan kontribusi yang sangat besar. Dengan perubahan dan perkembangan teknologi informasi memudahkan travel agent dan pariwisata untuk mendapatkan informasi melalui akses internet. Fasilitas internet juga menjadi sarana promosi bagi travel agent dan pariwisata karena melalui internet, biro perjalanan dapat membuat web site pribadi yang di dalamnya bisa digambarkan mengenai produk mereka. Selain itu media internet dapat memudahkan dan mempercepat proses transaksi, karena pengguna jasa dan wisatawan tidak perlu repot datang ke kantor ataupun menghubungi melalui telepon, cukup duduk di depan komputer dan semua bisa dilakukan dengan komputer. Teknologi informasi ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, bagi travel agent dan pariwisata maupun bagi pengguna jasa biro perjalanan dan wisatawan.

 

  • Bisnis Jual / Beli Barang dengan menggunakan sistem E-Commerce

Sudah tidak asing lagi pada ssat sekarang jika kita mendengar kata bisnis “on-line”. Pada bisnis ini penjual dan pembeli yang akan membeli barang tidak perlu bertemu secara langsung/tatap muka dengan calon penjual/pembeli barang tersebut. Karna semua kegiatan dari mulai melihat barang yang ada di katalog hingga memesan barang semua di lakukan secara on-line. Dan saat pembayaran akan dilakukan menggunakan fasilitas transfer ke nomor rekening penjual. Jadi dalam bisnis ini sangat mengandalkan dan bergantung pada kemajuan TI terutama internet. Kelebihan utama dari bisnis ini adalah, pembeli tidak harus repot-repot lagi mencari barang yang sedang dibutuhkan dengan pergi atau mencari langsung ke toko-toko yang belum tentu menjual barang tersebut. Cukup dengan mencari melalui intenet, pembeli sudah dapat menemukan penjual barang yang sedang dibutuhkan tersebut tanpa harus repot-repot mencari langsung dan bertransaksi secara langsung dengan penjual. Namun tetap saja ada beberapa kekurangan dari bisnis ini yang di timbulkan oleh ulah orang-orang yang bertanggung jawab. Dengan melakukan penipuan-penipuan terhadap pelanggan dengan melakukan sistem bisnis on-line ini.

 

Keuntungan :

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dengan melakukan bisnis dengan memanfaatkan kemajuan TI ini, diantaranya adalah dibawah ini beberapa keuntungan yang diberikan dari kemajuan TI dalam bidang bisnis menurut penulis :

  • Pembeli tidak perlu repot-repot mencari barang dan bertemu penjual
  • Penjual tidak perlu repot-repot merapikan barang dagangannya di toko, karna semua informasi barang dapat di masukan ke dalam katalog yang ada di iklan atau blog penjual.

Kerugian :

Dari beberapa keuntungan yang ditawarkan pada bisnis yang menggunakan kemajuan TI, ada juga beberapa kerugian yang dapat timbul dari bisnis ini. Hal tersebut dilakukan oleh orang-orang yang tidak mengerti etika baik dari penggunaan komputer. Berikut ini adalah beberapa kerugian bagi penjual dan pembeli yang disebabkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut :

  • Kerugian secara materi bagi calon pembeli, hal tersebut disebabkan oleh penipuan dari orang yang tidak bertanggung jawab dengan mengatas namakan suatu toko on-line.
  • Bagi penjual kerugian yang diterima adalah karena hilangnya kepercayaan dari para pelanggan yang merasa di tipu oleh penjual tersebut, sekalipun bukan perbuatan sesungguhnya dari pihak toko online yg sebenarnya.

Kesimpulan :

Kemajuan TI sangat memberikan dampak yang posiif dalam dunia bisnis. Banyak yang bisa dilakukan orang-orang yang ingin mencari pekerjaan sampingan atau bahkan menjadikan bisnis tersebut sebagai pekerjaan utamanya. Namun tidak lepas dari etika penggunaan komputer, orang-orang harus mengetahui cara memanfaatkan teknologi ini dengan benar. Agar tidak terjadi hal-hal negatif dari penggunakaan kemajuan TI ini, terutama dalam bidang bisnis yang dapat merugikan banyak orang.

 

Sumber Referensi :

–          http://purpl3.wordpress.com/2008/02/29/13/

–          http://purpl3.wordpress.com/2007/03/08/teknologi-informasi-di-perusahaan-jasa-travel-agent-dan-pariwisata/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s