JALUR WEB YAHOO/GMAIL

Posted: 17/01/2014 in Pengantar Telematika, Uncategorized

A.  Definisi Gmail (Google Mail) :

Gmail adalah penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004. Dan sempat membuat heboh banyak kalangan karena langsung menyediakan kapasitas email 1 GB yang pada saat itu sangat tidak wajar. Dan untuk pendaftarannya tidak terbuka untuk umum tetapi harus melalui undangan dari orang yang sebelumnya sudah mendapatkan account.

Fitur Gmail :

1.  Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7000 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.

2. Tampilan inbox (“Surat Masuk”) Gmail dalam bahasa Indonesia.

3. Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

4. Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.

B.     Koneksi dari Perangkat Keras ke ISP

PC yang akan digunakan untuk mengakses web gmail harus memiliki koneksi internet yang terhubung dengan ISP . Agar PC dapat membuat koneksi internet maka dibutuhkan perangkat keras tambahan yaitu Modem.

Definisi Internet

Internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang terhubung satu sama lain. Saat tersambung ke internet, user memiliki akses ke World Wide Web, yang menyerupai sebuah perpustakaan yang penuh berisi halaman informasi.

Bagaimana user dapat terhubung dengan internet?

Definisi ISP

Sebelum dapat mulai menjelajahi web, User perlu menyiapkan paket dengan ISP. ISP, atau Internet Service Provider (Penyedia Layanan Internet), adalah perusahaan yang memungkinkan user mengakses internet dan layanan web lainnya. Mereka menyediakan berbagai cara untuk tersambung, termasuk dial-up, kabel, optik fiber, atau Wi-Fi. Sambungan yang berbeda ini menentukan kecepatan akses internet masing-masing user.

Definisi URL, alamat IP dan DNS

URL adalah alamat web yang user ketikkan ke browser untuk mencapai sebuah situs web. Setiap situs web memiliki URL. Misalnya, URL www.google.com akan membawa user ke situs web Google.

Setiap URL juga memiliki alamat IP.

Alamat IP adalah rangkaian angka yang memberi tahu komputer tempat menemukan informasi yang Kita cari. Alamat IP seperti nomor telepon—sebuah nomor telepon yang rumit dan sangat panjang. Karena alamat IP begitu rumit dan sulit diingat, dibuatlah URL. Sebagai ganti mengetik alamat IP (45.732.34.353) untuk membuka situs web Google, user hanya harus mengetik URL, www.google.com.

Karena internet memiliki begitu banyak situs web dan alamat IP, browser user tidak otomatis tahu di mana masing-masing situs web dan alamat IP itu berada. Browser harus mencari satu-satu. Di situlah DNS (Domain Name System – Sistem Nama Domain) muncul.
DNS pada dasarnya adalah buku telepon untuk web. Bukannya menerjemahkan “John Doe” menjadi nomor telepon, DNS menerjemahkan URL, www.google.com, menjadi alamat IP, membawa user ke situs yang user cari.

Definisi Browser

Browser adalah jenis perangkat lunak di komputer yang memungkinkan user mengakses internet. Browser bertindak sebagai jendela yang menampilkan berbagai situs web tempat informasi berada kepada user. Satu-satunya yang perlu user lakukan adalah mengetik alamat web ke dalam browser dan user akan  langsung dibawa ke situs web itu.

Definisi dan Cara Kerja Penelusuran

Penelusuran benar-benar bekerja seperti namanya. Penelusuran menelusuri. Misalnya, jika mengetikkan kata “mobil” ke mesin telusur Google, permintaan akan dikirim dari perangkat user kepada server melalui internet. Browser mencari hasil penelusuran yang benar dan mengirimkannya kembali ke perangkat user – semuanya hanya dalam waktu sepersekian detik.

Mesin telusur mendapatkan hasil ini dengan merayapi dan mengindeks semua informasi yang ditayangkan secara online. Informasi dunia berlipat gkita setiap dua tahun dan tantangan untuk menghubungkan orang dengan apa yang dicarinya tidak semakin mudah – terutama untuk 16% penelusuran setiap harinya yang merupakan penelusuran baru. Teknisi harus terus berupaya keras untuk menyempurnakan penelusuran sehingga bisnis dan pelanggan tetap saling menemukan satu sama lain.

Definisi Email

Email adalah singkatan dari electronic mail (surat elektronik). Mengirim email seperti mengeposkan surat versi elektronik. Saat mengirimkan email, biasanya email akan tiba di tujuannya dalam hitungan detik. Sama seperti alamat rumah, semua orang memiliki alamat email yang unik. User harus membuat akun email sehingga dapat mengirim dan menerima email.

C.    Menelusuri Jalur Web ke gmail.com

Gunakan perintah tracert untuk mengetahui jalur yang dilalui untuk mencapai sebuah website, dalam tampilan diatas ini adalah gmail.com

1. klik start>Run. Ketikan perintah CMD.
2. Pada jendela DOS terminal, ketikan tracert disertai nama domain tujuan, seperti pada gambar contoh.
3. Tekan enter, maka akan terlihat jalur tempuh mulai dari ISP, lokasi – lokasi berikutnya, hingga akhirnya mencapai domain yang dituju. Semakin panjang jalur tempuhnya maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan data data.

Koneksi Internet dengan Dial Up

Koneksi internet dial up adalah koneksi dengan menggunakan telepon biasa (rumah). Dewasa ini modem dial-up mampu mencapai kecepatan transmisi data hingga 56 Kbps (klilobit per detik), namun pada kenyataannya belum tentu sesuai dengan yang ditawarkan. Kecepatan realnya hanya sekitar 12 sampai 20 kbps.

Supaya komputer terhubung ke internet, maka membutuhkan ISP (Internet Service Provider), yaitu perusahaan yang menyediakan jasa sambungan internet. Kebanyakan perusahaan telepon, juga sebagai perusahaan penyelenggara koneksi internet. Berikut ini adalah alamat websIte ISP penyedia layanan dial up yang bisa di pilih :

www.indosatm2.com

www.telkomflexi.com

www.telkom.net.id
Kelebihan dial up
1. Koneksi Internet lebih mudah digunakan.
2. Hampir smua PC dan Laptop sudah terpasang modem Dial-Up.
3. Penggunaan koneksi dengan modem Dial-Up lebih murah karena koneksinya hanya bersifat sesaat.

Kekurangan dial up
1. Kecepatan aksesnya hanya berkisar 12 sampai 20 Kbps.
2. Apabila modem Dial-Up digunakan bersamaan dengan telepon rumah sedangkan modem dial up terkoneksi dengan telepon rumah dalam keadaan sibuk, maka internet akan terputus secara otomatis.

Koneksi Internet dengan Wireless (Hotspot)

Hotspot merupakan salah satu pemanfaatan wireless LAN yang biasanya dipasang di lokasi-lokasi publik seperti taman, restoran, perpustakaan, kantor, bkitara, dan lain-lain. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan. Pada umumnya hotspot menggunakan stkitarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11g) dalam jarak hingga 100 meter. Tetapi kecepatan aslinya tergantung pada penyedia layanan ini.

Selain memanfaatkan hotspot di lokasi umum, kita juga bisa memasang sendiri dirumah. Tentu saja harus berlangganan salah satu ISP yang koneksi internetnya bisa di sharing. Biasanya koneksi internet yang bisa disharing menggunakan koneksi ADSL atau TV kabel. Setelah koneksi internet tersedia, kita bisa menggunakan hub wireless untuk di sharing ke komputer/laptop lain tanpa menggunakan kabel. Hub wireless ini harus kita beli sendiri di toko komputer, karena provider ISP tidak menyediakannya.

Kelebihan

  • Pada umumnya, laptop saat ini sudah dilengkapi dengan card wireless, sehingga kita tidak perlu membeli modem lagi untuk mengakses internet.
  • Akses internet tidak hanya terpaku pada tempat dalam jangkauan kabel, tetapi dapat memilih tempat yang nyaman buat kita.
  • Karena kecepatan aksesnya cukup tinggi, dapat digunakan untuk men-download sesuai dengan keinginan kita.
  • Gratis, bila penyedia layanan tidak memungut biaya terhadap koneksi ini.

Kekurangan

  •  Jika ingin memasang koneksi internet ini di rumah, maka harus membeli hub wireless terlebih dahulu.
  • Koneksinya tergantung cuaca. Jika cuaca baik, koneksinya bagus. Namun jika ada hujan dan   petir, biasanya menjadi lambat bahkan putus.
  • Kurang stabil jika digunakan dalam ruang tertutup, misalnya dalam kamar.

Jika kita hanya ingin memanfaatkan hotspot gratis, yang dibutuhkan adalah laptop atau handphone yang memiliki fasilitas Wi Fi. Namun, bila ingin memasang dan membagikan koneksi , kita harus membeli modem wireless.

Jika kita sering bepergian ke mall atau caf dan ingin browsing internet, sebaiknya kita membawa laptop. Di sana kita bisa langsung mencari jaringan hotspot. Namun biasanya tidak semua hotspot bisa diakses secara gratis. Beberapa diantaranya ada yang mengharuskan kita membeli voucher atau register dulu kepada penyedia layanan hotspot.

Untuk koneksi ke hotspot, maka tidak perlu mencari ISP, karena hanya memanfaatkan yang sudah ada.

Koneksi Internet dengan GPRS

Koneksi internet dengan GPRS adalah koneksi yang menggunakan handphone GSM sebagai modem. Tentu saja tidak semua handphone yang bisa digunakan sebagai modem. Hanya handphone yang memiliki fasilitas WAP saja yang bisa digunakan.

Supaya bisa meng-akses internet, kita harus mengaktifkan GPRS terlebih dahulu dengan cara bertanya ke customer service atau melihatnya di situs masing-masing operator GSM. Setelah fitur GPRS diaktfkan, baru kita bisa menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan handphone, baik melalui kabel data, infrared, atau bluetooth.

Secara teoritis, kecepatan tersedia adalah 60 Kbps, tetapi kecepatan aslinya tergantung pada penyedia layanan. Pada umumnya kecepatan aksesnya maksimal 12 Kbps, itupun jika sinyal handphone penuh.

Kelebihan

1.   Bisa digunakan dimana saja, asal masih dalam jangkauan jaringan provider yang digunakan.

2. Lebih stabil dari jaringan CDMA dan dapat di bawa ke luar kota.

Kekurangan

1.   Kecepatan aksesnya rendah.

2. Jika cuaca buruk, koneksinya kadang terputus.

3. Kurang stabil jika digunakan dalam ruang tertutup, misalnya di dalam kamar

Perangkat yang harus disediakan bila menggunakan koneksi internet dengan GPRS adalah:

  •     Handphone yang mendukung wap/modem GPRS
  •     Bluetooth/kabel data/infrared
  •   Komputer/laptop

Koneksi ini sangat cocok bagi kita yang sering ke luar kota selama sinyalnya masih terjangkau oleh operator yang kita gunakan. Untuk menggunakan koneksi ini, kita tidak perlu berlangganan, sehingga kita bisa menghubungkan komputer ke internet kapanpun kita mau.

Koneksi jenis ini umumnya menggunakan volume base, sehingga kita harus pkitai memanfaatkan koneksi jenis ini. Karena pengontrolan volume base lebih sulit, sehingga pulsa akan cepat habis tanpa kita sadari.

Koneksi Internet dengan 3G

3G adalah evolusi dari teknologi GPRS yang mampu menyediakan high speed data service (384 kbps – 2Mbps). Dengan teknologi 3G maka service telephon, video, internet, TV multi media dan lain sebagainya dapat dinikmati dengan mudah.

Kelebihan:
1. Perkembangan teknologi high speed data service seperti 3G ini sangat menguntungkan baik    untuk dunia bisnis, pemerintahan maupun perorangan. Karena semakin baru teknologinya maka data yang dikirimkan akan menjadi lebih singkat.
2. Jenis data yang dapat dikirimkan dengan koneksi 3G ini menjadi lebih beragam. Tidak hanya huruf dan angka, tetapi juga gambar diam, gambar bergerak, dan suara.

Kekurangan:
1. Membutuhkan investasi yang tidak sedikit untuk membagun jaringan 3G ini di berbagai tempat.
2. Masih perlu diperhatikan aspek keamanan dan aspek etika di dalam penggunaan teknologi yang baru.
Karena dengan semakin maju teknologi yang diberikan, maka akan semakin rentan terhadap
penyalahgunaan teknologi dalam penggunaanya.

Koneksi Internet dengan 3.5G / HSDPA)

HSDPA merupakan pengembangan lebih lanjut dari UMTS yang dapat memberikan kecepatan akses hingga 7.2 Mbps.

Kelebihan

1. Bisa digunakan di mana saja dalam jaringan provider 3.5G (HSDPA)

2. Lebih stabil dan lebih cepat dari 3G

Kekurangan

1. Area jangkauannya masih terbatas pada kota-kota besar.

2. Perangkat yang harus disediakan bila menggunakan koneksi internet dengan 3.5G (HSDPA):

3. Handphone yang mendukung 3.5G / modem 3.5G

4. Bluetooth/kabel data/infrared

5. Komputer/laptop

Berikut ini adalah alamat websIte ISP yang menyediakan koneksi 3.5G (HSDPA)

·         www.telkomsel.com

·         www.indosat.com/m3

·         www.indosat.com/mentari

·         http://www.indosat.com/matrix

Kesimpulan     :

Agar user dapat mengakses web Gmail.com serta menikmati fasilitas mengirim email yang disediakan oleh Gmail, maka user harus memiliki sebuah PC / Gadget seperti tablet/smartphone yang mendukung tersedianya layanan internet ke ISP baik menggunakan koneksi dial up/ 3G, HSDPA, GPRS, atau Wireless. Untuk PC agar dapat terhubung dengan internet maka dibutuhkan perangkat tambahan yaitu modem. Perangkat modem harus disetting terlebih dahulu sesuai ketentuan dari ISP yang digunakan, serta user juga harus membeli kuota internet untuk dapat menikmati fasilitas internet. Sinyal internet juga dapat dipengaruhi oleh cuaca sering kita jumpai koneksi internet yang agak lambat saat cuaca hujan sehingga mempengaruhi aktifitas user saat menggunakan internet yang menyebabkan kinerja menjadi terganggu. Dengan menggunakan fasilitas Gmail user dapat saling mengirimkan email dengan user lain dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Sumber :

http://www.hong.web.id/tutorial/cara-setting-pop3-gmail

http://kutak-ketik.blogspot.com/2010/04/jaringan-internet-pengertian-jaringan.html

http://carabiners.wordpress.com/2008/04/27/56/

http://maionuryanto.wordpress.com/2010/08/11/kelebihan-dan-kekurangan-dari-gprs-3g-wi-fi-adsl-dan-cable-connection/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s